Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Membaca Keunikan Gelar Tuanku

Para tuanku cendikiawan sedang berdiskusi panjang tentang keunikan tuanku, di Balai Baru, Padang Pariaman. (ad)

Padang Pariaman, Sigi24.com---Tuanku adalah gelar yang unik. Adanya di Minangkabau, terbanyak dipopulerkan di Padang Pariaman.

Tak pula tuanku tok. Ada dua suku kata setidaknya, dilekatkan gelar itu kepada santri yang menamatkan kajinya di surau dan pesantren.

Semisal Tuanku Bagindo, Tuanku Kuniang, Tuanku Sutan Sinaro, Tuanku Mudo, dan semacam gelar tuanku lainnya.

Belakangan, di samping yang bersangkutan ada gelar tuanku, pun gelar akademik di perguruan tinggi didapatkannya, setelah perjalanan panjang menuntut ilmu di universitas dan sekolah tinggi, dipakainya.

Bahkan yang sampai jadi prof sudah ada yang merambah dunia tuanku itu sendiri. Yang doktor bejibun, tak terhitung banyaknya.

Prof Duski Samad Tuanku Mudo, mungkin seorang tuanku yang datang dan lahir dari surau, mampu meraih gelar akademik tertinggi di UIN Imam Bonjol Padang.

Gelar tuanku ini diyakini banyak ulama, adalah warisan Syekh Burhanuddin. Langsung dia bawa dari Aceh. 

Apakah tuanku di Padang Pariaman ini adopsi Tengku di Aceh? Bisa jadi seperti itu. Sebab, Syekh Burhanuddin mendapat mandat langsung dari Syekh Abdurrauf as-Singkili, untuk menaklukkan Minangkabau dengan ajaran Islam versi Syattariyah.

Makanya, setiap tuanku punya jadwal yang khusus untuk berziarah ke Ulakan, makamnya Syekh Burhanuddin. Begitu juga ke Banda Aceh, para tuanku juga punya tradisi sendiri dalam bertawashul kepada guru itu.

Kajian tentang tuanku sepertinya sebuah cerita dan kisah yang tak pernah habis dibahas. Selalu menarik. Setiap tahun ada saja kandidat doktor yang menjadikan tuanku sebagai objek disertasinya.

Saking populernya tuanku ini, kadang gelar itu mampu mengalahkan namanya sendiri. Nama yang diangkut sejak lahir, yang dilekatkan oleh kedua orangtuanya.

Contoh, Tuanku Bagindo di Lubuak Pua. Tak banyak yang tahu nama lengkap ulama yang masyhur dari 1876-1955 ini.

Lama bermukim dan mengajar sekaligus niniak mamak di Lubuak Pua, dia populer dengan sebutan Tuanku Bagindo Lubuak Pua.

Begitu pula Tuanku Shaliah Sungai Sariak. Tak banyak orang tahu namanya. Ulama yang paling populer sampai saat ini.

Terkenal dengan "keramat", karena banyak kegiatannya yang mencengangkan dulunya. 

Kamis, 9 Mei 2024 di sebuah kedai di Balai Baru, Kabupaten Padang Pariaman kami terlibat dalam diskusi panjang soal tuanku ini.

Ya, membicarakan diri sendiri. Mulai dari keunikan tuanku yang dianggap Prof Duski Samad Tuanku Mudo, karena dia sering membandingkannya dengan gelar serupa tapi tak sama di luar sana.

Hingga kritikan terhadap tingkah laku tuanku yang kadang-kadang dianggap melampaui, dan sangat tidak wajar, tapi itu ada dan dilakukan oleh mereka yang tergolong tuanku ini.

Oleh Buya Jalalen Tuanku Sidi ini menjadi sesuatu yang harus diberikan jalan keluarnya. Penting sekali klasifikasi, kompetensi yang menuntut tuanku itu tak bisa disembarangan.

Pimpinan dan Guru Besar Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Islamiyah Buluah Kasok ini punya pengalaman tersendiri, terutama soal tuanku yang belakangan dianggap belum semestinya diangkat, tapi sudah diberi gelar tuanku.

"Laksana ayam berkokok di luar sakok. Ada beberapa santri yang sudah jadi tuanku, pindah ke Buluah Kasok, diuji membaca kitab ini dan itu tak pandai," cerita Buya Jalalen Tuanku Sidi ke Prof Duski Samad Tuanku Mudo.

Tuanku menurut Duski Samad, alumni MTI Batang Kabung yang kini Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang ini, adalah orang yang punya pengaruh sedikit banyaknya di tengah masyarakat.

Hadirnya grup Majelis Silaturahmi Tuanku Nasional, tentu bagian dari upaya bersama memberikan yang terbaik terhadap tuanku itu sendiri.

Lebih dari 700 tuanku dari berbagai surau dan pesantren, masuk dalam majelis ini.

Program halaqah secara daring sejak awal hadir sering dilakukan, tahun ini dimulai dengan halaqah di pesantren dan surau. (ad/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies