Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Banyak Aspirasi Masyarakat Pasie Laweh Lubuk Alung Tersalurkan Lewat Sitti Izzati Azis

Lubuk Alung, Sigi24.com--Banyak masukan dan aspirasi masyarakat Sakayan, Nagari Pasie Laweh Lubuk Alung, Padang Pariaman yang diserap anggota DPRD Sumbar Hj. Sitti Izzati Azis, Minggu (27/2/2022).

Yang langsung disalurkan tahun ini, adalah pembangunan jalan munuju kawasan Wisata Ngalau Anak Aie Ilang. "Insya Allah, sehabis lebaran tahun ini, pengerjaan jalan ini akan dimulai. Dan pihak PUPR Sumbar telah turun melihat lokasinya," kata anggota Komisi V DPRD Sumbar dari Golkar ini.

Walinagari Pasie Laweh Lubuk Alung Peri Adinur Datuak Rajo Bulan menyampaikan apresiasi atas kehadiran srikandi Padang Pariaman yang berkiprah di Sumbar ke Sakayan. "Kedepan, kita juga berharap masuk pula pokok pikirannya ke koriong lainnya di Pasie Laweh ini," ungkapnya. 

Menurut Peri Adinur, kedekatan masyarakat Pasie Laweh dengan Sitti Izzati Azis tak diragukan lagi. Dan Sitti pun acap dan sering, bahkan berlebih perhatiannya ke nagari ini.

Dia menyampaikan, arti penting pokok pikiran anggota dewan, apalagi anggota DPRD Sumbar, sangat besar artinya bagi nagari. Baik bidang pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat.

"Tiga periode Sitti Izzati Azis di DPRD Sumbar, masyarakat Pasie Laweh selalu jadi pusat perhatiannya. Tidak sekarang saja. Jauh sebelum saya jadi walinagari, Sitti Izzati Azis telah aktif membantu masyarakat nagari ini," ulas dia.

Apalagi, katanya sejak pandemi covid, banyak anggaran nagari dipotong. Tentu membuat jalannya roda pembangunan dan pemberdayaan jadi terpotong pula. "Besar harapan kita, dari APBD Sumbar lewat pokok pikiran Sitti Izzati Azis bisa dicarikan solusinya," ulasnya.

Ketua LPM Pasie Laweh Datuak Sati, Ketua Bamus Marjohan Datuak Cilangik pun ikut memberikanb masukan, dan menyampaikan aspirasi bidang tugas dan kewenangannya di nagari, yang tak terakomodir lewat anggaran nagari.

Mendengar PKK nagari yang pernah diberdayakan dengan pelatihan di hotel di Kota Padang, para tokoh masyarakat dan pemangku adat nagari ini ingin pula seperti demikian.

"Kita ingin pula adanya pelatihan adat dan syarak lewat pokok pikiran Sitti Izzati Azis. Sebab, banyak kearifan lokal yang mesti diberdayakan di nagari ini," kata Datuak Sati.

Masa reses yang menyerap dan akan disalurkan Sitti Izzati Azis itu, ratusan masyarakat Sakayan merasa terperhatikan. Besar harapan masyarakat yang merasa terpingghirkan itu, setara dengan nagari lainnya di Padang Pariaman.

Marjohan Datuak Cilangik minta masyarakat Pasie Laweh bersama-sama pula memberikan dukungan kepada Sitti Izzati Azis untuk bisa kembali duduk di DPRD Sumbar pada Pemilu 2024. "Kalau bisa Sitti Izzati Azis ke DPR RI, biar bisa pokok pikirannya lebih besar lagi," ungkapnya.

Sitti Izzati Azis menyebutkan, bahwa masa reses ini sepenuhnya dugunakan untuk bertemu dan menyerap aspirasi dan selanjutnya disalurkan ke Pemrov Sumbar, sesuai Tupoksi masing-masingnya.

"Saya mempokuskan pada bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur yang ada di daerah pemilihan Padang Pariaman dan Kota Pariaman," kata Sitti Izzati Azis.

Peningkatan SDM lewat pendidikan SMA, katanya, sudah dengan bantuan komputer untuk SMA dan SMK di tengah pandemi. "Pemberdayaan tenaga kependidikan, adalah mutlak dan harus. Sebab, kemajuan SDM anak didik sangat bergantung pada guru," ulas dia.

Khusus untuk UMKM, Sitti Izzati Azis ingin para kaum perempuan itu memulainya dulu, lalu bikin proposal. Jangan tidak ada usaha, tapi sudah ajukan bantuan. "Harus ada dulu usahanya, baru bisa kita carikan dimata mata anggaran untuk dapat bantuan pengembangannyta," ungkapnya menjawab keinginan kaum perempuan Sakayan.


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies