Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bamus Diharapkan Mempermudah Kerja Walinagari

Camat Lubuk Alung Dion Franata melantik Bamus empat nagari secara bersamaan. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com---Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang hadiri pelantikan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari periodesasi 2023-2029 pada empat nagari se Kecamatan Lubuk Alung. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Camat Lubuk Alung Dion Franata, di Aula KPNG Kecamatan Lubuk Alung, Jumat (10/03).

Adapun anggota Bamus Nagari yang dilantik adalah Bamus Nagari Salibutan Lubuk Alung, Singguling Lubuk Alung, Sungai Abang Lubuk Alung, dan Bamus Nagari Balah Hilir Lubuk Alung. 

Hadir pada kesempatan itu, Kepala DPMD Hendri Satria, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Syofrion M, unsur Forkopimca Kecamatan, dan walinagari bersangkutan bersama jajaran, serta tokoh masyarakat di kenagarian setempat. 

Wabup Rahmang menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Bamus yang telah dilantik beserta keluarga. 

Dia menyebut, dengan amanah yang baru otomatis waktu bersama keluarga akan tersita. 

Makanya dia berharap, kepada keluarga suami atau istrinya yang diamanahkan tugas baru ikut mendukung dan mensupport agar mereka berkonsentrasi dan mampu berjalan stabil. 

"Beri mereka energi dalam menjalankan amanah tersebut, disamping itu agar banyak bersabar karena waktu mereka dengan keluarga akan sedikit terganggu," ujarnya. 

Kemudian Rahmang tidak lupa berterima kasih kepada Bamus yang lama atas dedikasi dan pengabdiannya terhadap nagari. 

Dia berharap, tetaplah berkontribusi, memberi masukan dan saran kepada pemerintah terkhusus Bamus sebagai mitra walinagari dalam mewujudkan pembangunan di nagari masing-masing. 

"Kemajuan dan kebaikan untuk nagari tidak akan dapat dicapai dengan pola-pola individualis, namun perlu kebersamaan dan harus saling mendukung. Jangan Bamus menjadi rival walinagari dalam mewujudkan pembangunan di nagarinya," tegas Rahmang. 

Dan tidak lupa Wabup Rahmang memberi saran, agar anggota Bamus yang dilantik untuk memelihara amanah sebagai anggota Bamus. 

Dia berpesan, tetaplah berkata benar berjalan lurus. Karena, menjadi anggota Bamus disamping berkontribusi kepada nagari, juga punya peluang memegang amanah yang lebih tinggi. 

"Insya Allah akan memuluskan langkah saudara mendapat kepercayaan ke tingkat yang lebih tinggi menjadi anggota legislatif," ujarnya memotivasi. 

Untuk penguatan fungsi dan peran sebagai anggota Bamus, Rahmang minta pelajari aturan terkait tugas dan fungsi Bamus tersebut. 

Dia berharap, Bamus bisa menjadi badan yang bisa menampung aspirasi masyarakat di tingkat nagari. Pasalnya, anggota Bamus bersama walinagari harus menjadi penyalur keinginan dan kebutuhan masyarakat ke tingkat kecamatan atau bahkan membawa aspirasi tersebut ke tingkat kabupaten.

"Pemimpin harus responsif, melalui aturan dan regulasi yang dibuat agar berpihak kepada mengatasi kesenjangan ditengah masyarakat dan mengakomodir kebutuhan masyarakat hingga ke lapisan terbawah," pungkas Rahmang yang juga ketua Bamus nagari di masanya. 

Sebelumnya perwakilan tokoh masyarakat Sudirman Dt Putiah menyampaikan, bahwa anggota Bamus adalah mitra walinagari dalam menyelenggarakan pemerintahan dan mewujudkan pembangunan. 

Dia berharap, anggota Bamus harusnya dapat lebih mempermudah walinagari dalam berkerja bukan sebaliknya. 

"Bekerjalah semaksimal mungkin, jangan mengambil langkah yang tidak sesuai dengan koridor dan melenceng dari aturan, sehingga akan menjadi permasalahan hukum dikemudian hari," saran pengurus KAN Lubuk Alung ini. 

Acara pelantikan Bamus tersebut, yang bertindak sebagai rohaniwannya adalah Kepala KUA Kecamatan Lubuk Alung Kasmir. Rangkaiannya diakhiri dengan pemberian selamat secara langsung kepada yang bersangkutan. (rls)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies